SEBUAH PETA KERUKUNAN

peta-kerukunan

Peta terlampir (di atas) adalah Kampung Halaman Ibu saya di Sidoarjo Jawa Timur, dimana warganya yang majemuk hidup rukun dan damai sejak puluhan bahkan mungkin ratusan tahun lalu. Warga Kampung tersebut terdiri dari beragam etnis; Jawa, Madura, Arab, Tionghoa, dan ada sedikit yang keturunan India. Tempat Ibadah dan tempat usaha berdiri berdampingan tanpa pernah ada masalah. Rukun-rukun saja.

Sungguh, jarak antar tempat ibadah itu tidaklah jauh. Dari Gereja Pantekosta ke Masjid NU tidak lebih dari lima menit (kira-kira) jalan kaki. Masjid Muhammadiyah ada di tengah pemukiman warga dan itupun tidak lebih lima menit (kira-kira) dengan berjalan kaki, baik dari Masjid NU ataupun dari Gereja. Di dekat Gereja ada Panti Asuhan Kristen yang lumayan besar. Gereja dan Panti Asuhan itu dikelilingi oleh masyarakat yang beragama Islam.

Lantunan Adzan dari Masjid NU dan Muhammadiyah bersautan tanpa persaingan. Khutbah-khutbah hanya disampaikan melalui pengeras suara lokal dalam masjid (tidak sampai terdengar jauh ke luar masjid). Nyanyian-nyanyian peribadatan di Gereja pun tidak mengganggu masyarakat sekitar, meskipun ketika mereka ke Gereja jalanan jadi padat karena kendaraan-kendaraan di parkir di pinggir jalan (Gereja tersebut tidak memiliki halaman). Semua aman terkendelai, damai rukun senantiasa karena toleransi berjalan secara alami. Tidak ada yang berlebihan. Semua saling memberi ruang.

Showroom Motor itu milik orang Tionghoa. Pabrik Plastik itu milik orang Tionghoa. Pabrik Tenun milik orang Arab. Di sekitarnya tidak sedikit tempat usaha dimiliki oleh orang Jawa. Dari jaman Mbah-mbah kami, dari jaman Orangtua kami, Pakde-Bude, Paklik-Bulik… hingga saat ini, tidak pernah ada keributan berbau SARA di sana. Masyarakatnya hidup rukun. Semoga KERUKUNAN itu berlangsung terus-menerus hingga ratusan, ribuan, bahkan jutaan tahun ke depan.

Salam Rukun selalu…
SONNEF
Jkt, 4/8/2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: