Humor SUFI

Di beranda sebuah masjid, tampak dua orang tengah menghibur seorang Mullah yang baru saja kehilangan keledai kesayangannya. Keledai itu mati karena usia tua.
“Engkau memang telah kehilangan keledaimu, Mullah. Tetapi jangan terlalu bersedih, bahkan kau terlihat lebih sedih dibanding ketika engkau kehilangan istrimu.”
Dengan suara berat dan tatapan mata menerawang jauh ke depan, Sang Mullah berkata, “Ah, kalau saja kalian ingat… ketika aku kehilangan istriku, kalian semua warga kampung berkata: ‘Kami akan mencarikan pengganti untukmu’. Tapi coba sekarang, ketika keledaiku mati tak seorang pun yang menawarkan penggantinya.”

Dalam kegelapan, seorang Mullah bermunajah pada Sang Pencipta Semesta.
“Ya Rabb, aku bersyukur bahwa Engkau telah mengarunia aku seorang istri yang begitu cantik, begitu rajin sehingga rumahku selalu bersih, dia berkerja tak kenal lelah. Tapi, Ya Rabb, sayangnya dia itu bodoh sekali…”
Dari kegelapan terdengar suara, “Justru karena itulah dia mau jadi istrimu.”

Seorang Sudagar kaya raya dan banyak teman tiba-tiba jatuh miskin dan ditinggalkan oleh teman-temannya. Ia pun menemui seorang Mullah untuk mengeluhkan kondisinya itu.
“Jangan khawatir. Segalanya akan kembali normal seperti biasa,” hibur Sang Mullah.
“Jadi… menurut Mullah saya akan kaya lagi?”
“Bukan begitu. Maksudku kamu akan segera merasa normal dan terbiasa dengan kemiskinan dan tanpa teman,” jelas Sang Mullah.

1 Komentar (+add yours?)

  1. wawan
    Nov 22, 2010 @ 02:38:51

    Sufistik adalah jalan kecintaan kepada Alloh SWT. Sikap wirai ( kehati-hatian) menjadi ciri utamanya..meninggalkan gemerlap dunia/miskin (Zuhud)..justeru menjadi ..salah satu metode…Doa Nabi “Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan miskin, wafatkan aku dalam keadaan miskin dan kumpulkan aku bersama kumpulan orang-orang miskin”..Sungguh luar biasa kekasih Alloh memberi tauladan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: